Home » » PEDOMAN DASAR GERAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD 1905)

PEDOMAN DASAR GERAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD 1905)

Written By Syarikat Islam Indonesia (SMD) on Kamis, 21 Februari 2013 | 00.17


Sekapur Sirih

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

“…………..Anak-anakku semuanya, kalau kamu sudah dapat pendidikan Islam dan kalau kamu sudah sama dewasa, ditakdirkan Allah SWT yang maha luhur, kamu dijadikan orang tani, tentu kamu bisa mengerjakan pertanian secara Islam; kalau kamu ditakdirkan menjadi saudagar, jadilah saudagar secara Islam; kalau kamu ditakdirkan menjadi prajurit, jadilah prajurit menurut Islam; dan kalau kamu ditakdirkan menjadi senopati, jadilah senopati secara perintah Islam. Hingga dunia diatur sesuai dengan azas-azas Islam………”

(Amanat Alm HOS Tjokroaminoto kepada murid murid sekolah Jogjakarta, 24 Agustus 1925)
PEDOMAN DASAR GERAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD 1905) - Pada hakikatnya pendidikan adalah upaya transfer nilai-nilai, pengetahuan dan budaya yang dilangsungkan secara berkesinambungan sehingga nilai-nilai itu dapat menjadi sumber motivasi dan aspirasi serta tolok ukur dalam perbuatan dan sikap maupun pola berpikir.


Pembangunan Nasional dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia Indonesia dan masyarakat Indonesia seutuhnya. Hal ini berarti adanya keserasian, keseimbangan dan keselarasan antara pembangunan bidang jasmani dan rohani antar bidang material dan spritual, antara bekal keduniaan dan ukhrawi, dengan sesama manusia dan dengan lingkungan hidupnya secara berimbang.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan hal yang sangat penting sebab merupakan hulu dalam pengembangan sumber daya manusia; PAUD merupakan bagian kebutuhan mendasar bagi peletakan watak dan perilaku dalam kehidupan seorang manusia selanjutnya.

Sebagai titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia dan sangat fundamental, PAUD memegang peranan penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak.

Syarikat Islam Indonesia berkepentingan dengan PAUD, karena hal tersebut merupakan fondasi awal dari suatu proses pewarisan nilai kejuangan, transformasi ideologi dan orientasi kehidupan Islam yang sepenuh-penuhnya dan seluas-luasnya yang hasilnya akan terasa dalam jangka panjang (25 tahun). Ini merupakan politik pendidikan Islam yang diemban SI Indonesia.

Diharapkan, dengan penyediaan layanan Pendidikan Anak Usia Dini yang terencana dan berkesinambungan, anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja, produktivitas, pada akhirnya anak akan mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya serta mampu menjadi Generasi Emas yang dapat menjadi pelanjut perjuangan dan pergerakan Syarikat Islam Indonesia.Amin…

بِاللّٰهِ فِى سَبِيْلِ الْحَقِّ


1 November 2012/ 1 Muharam 1434 H
PENGURUS WILAYAH MAJELIS PENDIDIKAN SYARIKAT ISLAM INDONESIA
PROVINSI JAWA BARAT

      Ketua Umum,                                                       Sekretaris Umum,




UAN  LUKMANUL HAKIM                                   HELMI  EMALY HUSNI
Share this article :

Poskan Komentar

بسم الله الرحمن الرحيم

POSTINGAN TERBARU